Jumat, 31 Agustus 2012

Kelompok Tani Dibantu Bibit Jeruk siam Banjar


RANTAU, - Wakil gurbenur Kalsel, H.Rudy Resnawan di Rantau menyerahkan bantuan bibit jeruk siam banjar dari Pemprov Kalsel untuk kelompok tani desa Keladan Kecamatan Candi Laras Utara.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Tapin H Masyraniansyah mengatakan kawasan yang akan mengembangkan tanaman jeruk yakni di Desa Keladan dan Desa Sungai Kecamatan Candi Laras Utara yang berada di lahan basah yakni dibantu sebanyak 15.000 bibit jeruk siam banjar atau untuk pengembangan seluas 75 hektar yang berasal dari pemerintah provinsi Kalsel.

 Disamping itu, pula dari Direktorat Jendral Hortikultura dan Deriktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian melalui bantuan sosial dibantu untuk pengembangan jeruk seluas 42 hektar. ”Bantuan dari pemerintah pusat ini pengembangan lahannya saja untuk bibitnya, petani setempat yang membeli dengan arahan dinas pertanian. Bagaimana bibit yang baik dan tahan dari hama penyakit, kemudian mudah memasarkannya,” katanya, kemarin senin (16/4) usai rakor pemkab Tapin.

Tanamn jeruk ini untuk di kembangkan dilahan bawah pasalnya dilahan kering biaya produksi lebih tinggi karena populasi yang memakan waktu 4 tahun lama dan biaya produksi lebih banyak, sedangkan tanaman jeruk dilahan bawah petani dapat memelihara jeruk sambil menaman padi dan setiap musim ada penghasilan bagi petani, disamping itu pula lebih sedikit terkena penyakit. Kemudian juga selain bantuan bibit jeruk juga ada dibantu pengembangan buah pisang yang sumbernya dari Pemerintah provinsi kalsel, yakni dalam bentuk pengendalihan hama penyakit pada tanaman pisang atau demplot percontohan tanaman pisang yang dikembangkan di Kecamatan Hatungun. Dijelaskannya dalam pengembangan demplot tanaman pisang ada dua yang kita kembangkan pertama dari segi teknologi budidayanya yang diterapkan langsung kepada petani kedua penggunaan bibit yang baik sesuai dengan petunjuk serta pengendalian hama penyakitnya. “Adanya bantuan tersebut merupakan program dari pemerintah dalam rangka meningkatkan produksi tanaman buah meliputi kegiatan percontohan tanaman yang diarahkan pada komoditas unggulan yakni buah jeruk dan pisang yang bersumber dari pemerintah pusat melalui bantuan sosial dan APBD Provinsi Kalsel,”pungkasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar