Jumat, 31 Agustus 2012

Sukses Kembangkan Mata Tempel Jeruk


RANTAU, -Pembibitan Entris Jeruk Keprok atau mata tempel di Screen House sukses dikembangkan, saat ini sudah ada sekitar 572 pohon induk BPMT (blok penggandaan mata tempel) atau entris jeruk keprok berbagai jenis.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Tapin H Masraniansyah didampingi Wagimin Kabid Kabid Produksi dan Pengendalian Tanaman mengatakan, pihaknya memang sudah ada mempunyai pembibitan jeruk keprok di Scereen House dan telah berhasil mengembangkan mata tempel atau entris jeruk keprok berbagai jenis.
Disebutkannya, jenis jeruk varietas induk BPMT yang terdapat di screen house seperti, Keprok Terigas sebanyak 408 pohon, Keprok Borneo Prima 30 pohon, keprok Madura 68 pohon, keprok Tejakula 12 pohon untuk dataran rendah, Keprok Siomfu 36, keprok Selayar ada 18 pohon. “Jadi kepada petani Tapin yang ingin membutuhkan mata entrisnya bisa mendapatkan di sceren house milik Pemerintah daerah dalam hal ini Dispertan Tapin, dan gratis tidak bayar, berapapun yang diminta oleh petani, “ katanya kepada wartawan.

Namun untuk petani dari luar Tapin yang membutuhkan mata tempel jeruk keprok atau siam bisa memesannya di penangkar jeruk yang ada dikabupaten Tapin. Untuk bibit jeruk dengan harga Rp7.500 hingga Rp.10.000 perbatangnya dan sudah berlabel biru dan siap sebar, artinya terjamin kwalitasnya. Sekedar diketahui , pada Juni dan Juli ini, pihaknya akan mengirimkan 40 ribu mata entries jeruk keprok ke Bangli, Bali. “Selama kebutuhan entris untuk petani penangkar di Tapin tercukupi, kami juga diperbolehkan membantu petani lainnya di Indonesia, dengan catatan mendapatkan rekomendasi dari Balijestro Malang, “Demikian Wagimin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar